Liga Baru Semangat Baru

Liga Sepakbola Indonesia PSSI bergulir lagi setelah dua tahun mati suri akhirnya kita pecinta sepakbola tanah air disuguhkan kembali tontonan sepakbola kelas satu di Indonesia, kali ini mengusung nama baru yaitu Liga 1 untuk liga kasta tertinggi menggantikan nama sebelumnya Liga Super Indonesia (ISL), dan dibawahnya ada Liga 2 dan Liga 3, dengan sponsor utama dan juga sebagai nama resmi yaitu Go-Jek Traveloka Liga 1 2017.

liga 1 pssi gojek go-jek traveloka isl super

logo go-jek traveloka liga 1

Yang menarik dari Liga kali ini adalah regulasi baru yang menjadi kebijakan PSSI, ada beberapa regulasi baru Liga 1 yang diikuti oleh 18 klub nasional ini yang pada penyelenggaraan sebelumnya tidak ada antara lain :

  • Setiap tim wajib mengontrak minimal lima pesepak bola U-23 dan memainkan minimal tiga di antaranya dalam pertandingan selama sedikit-dikitnya 45 menit, Jika seandainya sang pemain dipanggil tim nasional, klub harus mencari pengganti yang membuat jumlah pemain U-23 tetap berjumlah lima orang.
  • Tentang pemain berusia di atas 35 tahun. Setiap tim hanya bisa mempekerjakan maksimal dua pemain berusia di atas 35 tahun.
  • Terkait pergantian pemain Liga 1 PSSI memberlakukan aturan maksimal lima kali pertukaran pemain karena adanya kewajiban memainkan pesepak bola U-23 bagi setiap klub.
  • Selain pergantian, aturan teknis baru lainnya di Liga 1 adalah jumlah susunan daftar pemain bertambah dari 18 menjadi 20 pemain.
  • Di pertandingan Liga 1 tidak ada jeda minum (water break) seperti di ISC dan Piala Presiden kemarin.
  • Terkait pemain asing, Setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua orang merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.Namun, klub bisa mengontrak pemain asing tambahan jika pesepak bola impor itu masuk dalam golongan pemain kelas dunia atau disebut marquee player.

Semua regulasi yang dikeluarkan oleh PSSI dalam penyelenggaraan Liga kali ini tentu dengan harapan peningkatan kualitas sepakbola nasional, dan prestasi tim nasional tentu sebagai indikatornya, semoga berbagai masalah yang terjadi di masa lalu menjadi pelajaran sehingga ke depannya bisa lebih baik lagi, kita sebagai penikmat sepakbola nasional tentu hanya bisa berharap Sepakbola Indonesia menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan bangsa ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: