Penguatan Kelompok UMKM Sektor Informal

Apakah anda suka Roti ? sering makan Mie ?, ya, kita sudah senang sekali makan makanan yang berbahan tepung terigu atau gandum, selera lidah kita seolah-olah sedang digiring agar merasa ketergantungan dengan berbagai makanan berbahan dasar gandum, dan taukah anda bahwa gandum sulit untuk dikembangkan di Indonesia, selama ini kebutuhan gandum di Indonesia masih mengandalkan Import dari Luar Negeri, kita terpaksa menguras devisa sampai 7 Triliun rupiah setiap tahun untuk mengimport gandum, dan itu artinya kita tidak mandiri, jika sudah begini maka Negara penghasil gandumlah yang diuntungkan, pertanyaannya adalah, jika gandum sulit untuk dikembangkan di Indonesia apakah tidak ada pengganti terigu yang bisa dikembangkan di Indonesia.

Pelatihan 4
Belakangan ini dikembangkan oleh DR Achmad Subagio, seorang peneliti bidang pangan yang sekaligus menjadi dosen di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember, yakni penemuan tepung mocal (Modified Cassava Flour) yang berbahan baku ubi kayu atau singkong, tanaman singkong dapat tumbuh subur di berbagai tempat di Indonesia dan produksinya pun berlimpah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mocal memiliki sifat dan karakteristik yang hampir sama dengan tepung terigu, sehingga tepung mocal dapat digunakan sebagai penganti tepung terigu.

Pelatihan 3
Kemarin pagi saya dan juga Rofiq rekan kerja saya berkesempatan untuk mengikuti dan memfasilitasi kegiatan Penguatan Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Pelatihan bagi UMKM sektor Informal yang diselengarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Wonosobo yang bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) “Mekar” Desa Adiwarno, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, yang merupakan pengembang produk tepung singkong atau tepung mocal, dan diikuti oleh pengusaha-pengusaha mikro dari berbagai wilayah di kabupaten Wonosobo, mereka terdiri dari produsen dan penjual makanan kecil juga para PKL, eh iya.., sekarang Kementrian Negara Koperasi dan UMKM telah mengganti kepanjangan dari PKL yang dulunya adalah Pedagang Kaki Lima menjadi Pedagang Kreatif Lapangan. dan isi dari kegiatan ini adalah Pemberdayaan dan Penggunaan Tepung Mocal.

Pelatihan 1
Kegiatan tersebut memperkenalkan tepung mocal sebagai produk baru substitusi dari tepung terigu, mengajarkan bagaimana membuat tepung mocal, dan juga mencontohkan dan juga mengajarkan manfaat dan kegunaan dari tepung mocal, aneka produk makanan yang selama ini dibuat dari tepung terigu kemarin dipraktekkan dibuat dari tepung mocal, itu dipraktekkan lagsung oleh para peserta kegiatan, ada tempe kemul, tahu susur, kue pastel dan beberapa macam lainnya, dan hasilnya saya merasakan sendiri tidak jauh beda malah terasa lebih gurih dan renyah rasanya, (he..he., dalam hati, buat saya sih makanan apa saja kubilang enak, asal bukan makanan basi :p ), tapi dari orang-orang dalam kegiatan kemarin yang merasakan makanan yang terbuat dari tepung mocal sebagian besar memberikan respon positif.

Pelatihan 2
Dibawah ini saya share sedikit Ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan kemarin, yaitu garis besar proses pembuatan tepung mocal :

PROSES PEMBUATAN TEPUNG MOCAL

pembuatan tepung mocal

 

5 Responses to Penguatan Kelompok UMKM Sektor Informal

  1. Doni I Gunawan says:

    Pemerintah hendaknya bisa mendukung penuh pemberdayaan umkm seperti itu agar umkm umkm bisa semakin berkembang, bertumbuh dan maju yang pada gilirannya akan memperkuat ketahanan ekonomi Bangsa dan Negara kita.

    Doni

  2. imamthok says:

    daerah di Indonesia memang banyak penghasil ubi dan singkong jadi kalau pemerintah mau mengembangkan pembuatan tepung ini maka pemerintah bisa menghemat devisa sekaligus petani kita juga untung.

    http://blog.imamsobo.co.cc
    http://imamthok.wordpress.com

  3. memang di Indonesia banyak sekali usaha di sektor kecil dan menengah. Tetapi sampai sekarang perkembangannya tidak maksimal dikarenakan masalah klasik, modal.

  4. Kalau mau belajar membuat tepung mocal di mana ya, karena daerahku banyak petani singkong dan dijual mentahan

  5. yuddie says:

    Bisa menghubungi Dinas Koperasi dan UMKM, disana bisa diperoleh segala informasinya juga bila kita menghendaki pelatihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: