Cerita Laptopku

Ini cerita tentang laptop baru yang Saya beli kemarin, Axioo Neon MNC 1152 Saya dapatkan di salah satu toko notebook di Jogjakarta kemarin pada hari ke-2 bulan puasa ini, Saya mendapatkan laptop ini tidak disertai sistem operasi jadi Saya harus mengisinya sendiri, langsung saya instal menggunakan Windows XP SP2, setelah Windows selesai terinstal, masalah muncul pada saat instalasi driver, ternyata file driver pada CD driver bawaannya corrupt tidak bisa dicopy ke komputer, akhirnya saya harus download drivernya dari situs resmi Axioo sambil menunggu CD driver yang sedang saya titipkan pada teman adikku yang kuliah di Jogjakarta untuk ditukar ke toko.

setelah windows terinstal lengkap dengan driver dan program-program pendukung ternyata masih ada masalah saat digunakan, setelah beberapa menit digunakan maka program yang sedang berjalan akan tertutup sendiri dengan meninggalkan pesan sebelumnya, setelah saya tanyakan pada teman yang lebih ahli soal pemrograman komputer dia mengatakan bahwa Windows XP SP2 memang sering seperti itu, dia menyarankan untuk ganti menggunakan Windows XP yang sudah di modif atau Win Vista, ku turuti saran temanku itu saya menggunakan Win XP versi OEM modifan, ternyata masalah masih sama, kemudian saya instal kembali mengunakan Windows Vista, ternyata menggunakan masalah Windows Vista masalah lebih parah, setelah beberapa menit digunakan maka sistem akan menampilkan layar biru dengan banyak pesan di dalamnya, pada bagian akhir pesan tertulis “memory dump ……. “, dan diakhiri dengan sistem merestart sendiri.

Saya tanyakan kepada ahlinya memory dump biasa terjadi karena penggunaan memory atau RAM yang tidak kompatibel dengan motherboard, atau bisa juga terjadi karena pengunaan 2 buah RAM atau lebih yang berbeda kecepatannya, akhirnya saya ingat bahwa pada saat pembelian memang saya meminta untuk menambah RAM yang awalnya 1GB menjadi 2GB, dan saya pikir mungkin RAM tambahannya itu kecepatannya tidak sama dengan RAM yang lama, akhirnya saya bawa kembali laptop ke toko tempat saya beli, dan ternyata benar RAMnya beda kecepatannya, dan akhirnya diganti dengan RAM baru dengan kecepatan sama.

Setelah RAM diganti hingga saat ini sudah tidak ada masalah lagi, tapi kemarin ada sedikit masalah baru keyboard mendadak eror, saya pencet huruf M yang keluar angka 0, saya pencet huruf L yang keluar angka 3, dsb, wah kenapa lagi ini !, dalam batinku, koq tombol keyboard bisa tertukar tukar seperti ini, meski masih ada tombol-tombol yang masih berfungsi normal, akhirnya aku tanya-tanya baik di dunia nyata maupun di melalui mbah google, ternyata itu bukan karena eror tapi karena fungsi numlock nya aktif, lho keyboard laptop kan tidak ada numpad nya saya pikir, ternyata ada tertulis warna biru bercampur dengan beberapa huruf di keyboard, dan untuk mengaktifkannya mengunakan tombol fn yang tidak tersedia di keyboard komputer desktop, he..he. !

Tulisan ini saya buat bukan karena ingin pamer saya punya laptop baru meski ada sih sedikit niatan itu😛, tapi juga karena ingin mengeluarkan sedikit unek-unek yang ada di otakku biar bisa dibaca orang lain, oh ya, laptop ini saya beli di salah satu toko komputer dan notebook terkemuka di kota Jogja, dengan harga yang sedikit lebih mahal dari harga di satu tempat pusat penjualan barang-barang elektonik di Jogja, tapi atas pertimbangan layanan garansi setelah pembelian saya memutuskan untuk membeli dengan harga sedikit lebih mahal, dan ternyata terbukti setelah membeli terjadi masalah sama laptopku, mudah-mudahan bisa jadi pelajaran !.

4 Responses to Cerita Laptopku

  1. bembem says:

    bos cara kembaliin giman fn trs pencet numlock ya………. lha numlocknya tombolnya sebelah mana bos….

  2. thanx guys… akhirnya laptop gw dah bner lg keyboardnya…

  3. yuddie says:

    @bembem : tinggal pencet fn numlock aktif, untuk menonaktifkan pencet fn lagi

    @Febi : oke bro.., senang bisa berbagi

  4. shodikin says:

    terimakasih, postingan anda sangat berguna bagi saya..

Leave a Reply

