File Ketikanku hilang dihajar antivirus !

Seorang teman mengaku stres karena semua file ketikannya di flashdisk hilang dimakan antivirus setelah flashdisknya di scan dengan antivirus AVG, padahal file tersebut sangat penting, banyak halaman dan hanya tersimpan di flashdisk tersebut atau tidak ada backupannya, dia tanya bagaimana mengembalikannya. kasus seperti itu di kalangan orang-orang di sekitarku sering kali terjadi, ada juga teman yang sudah mengetahui bahwa file-file ketikan berekstensi .doc di flashdisknya sudah diserang virus dan berubah ekstensinya menjadi .exe tapi dia tidak berani menscan dengan antivirus karena takut ketikannya justru malah akan hilang.

Sebenarnya apakah file ketikan berekstensi .doc maupun .xls yang telah terinfeksi virus dan berubah ekstensinya menjadi .exe akan dihajar antivirus setelah terdeteksi?, jawabnya adalah Iya, file tersebut terdeteksi virus oleh antivirus dan akan dihajarnya, dan apakah berarti file-file ketikan yang terdeteksi virus oleh antivirus tersebut akan hilang?, sebenarnya disini kita telah dikelabui oleh virus, bahwa virus sebenarnya tidak menginfeksi file ketikan tersebut dan merubahnya menjadi file aplikasi berekstensi .exe, virus hanya menyembunyikan file ketikan tadi dan membuat file baru yaitu virus berekstensi .exe dengan nama dan logo file yang sama dengan file ketikan yang telah disembunyikan tadi.

Ada banyak varian virus yang memiliki keahlian seperti itu, seperti beberapa varian dari virus kspoold, trojan, brontok, maupun worm. Bagaimana penyebarannya sampai file ketikan kita di flashdisk bisa terinfeksi, virus ini akan menginfeksi komputer secara otomatis setelah kita membuka atau mengaktifkan file virusnya, dan bila kita membuka flashdisk di komputer yang tersebut maka secara otomatis pula flashdisk kita juga akan terinfeksi.

Apabila sudah terlanjur terinfeksi bagaimana cara mengatasinya agar flashdisk terbebas virus tapi juga file ketikan kita tidak hilang, pertama scanlah flashdisk kita dengan antivirus di komputer yang ada antivirusnya, ada banyak jenis antivirus dari yang berbayar maupun yang free, seperti AVG, Avira, Norton, Ansav, PCMAV, dsb. jangan takut file nya hilang terdeteksi virus oleh antivirus, bagaimana jika setelah di scan ternyata filenya hilang?, seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya file ketikan aslinya bukan diinfeksi dan dirubah ekstensinya menjadi .exe, tapi file tersebut hanya disembunyikan, bagaimana cara menampilkan kembali file yang sudah disembunyikan tadi?, ikuti langkah-langkah berikut :

1. buka windows explore, klik tool – Folder Options – View, terus hilangkan centang pada Hide protected operating system files (Recommended), dan Hide extensions for known file types. maka akan terlihat semua hidden file dan jenis ekstensi file.

2. melalui command promp yaitu, klik start – run, terus ketik cmd.

3. setelah masuk dos, ketik drive dimana flashdisk berada, misal di drive F, ketik f:

4. setelah masuk di f:, ketik attrib -s -h nama file + ekstensi (misal : attrib -s -h skripsi.doc) “diusahakan nama file jangan ada unsur spasi”.

5. Untuk membuka semua file hidden di flashdisk gunakan perintah attrib -s -h -r /s /d (maka semua file hidden di flashdisk akan muncul).

6 Responses to File Ketikanku hilang dihajar antivirus !

  1. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses IT Indonesia.
    I Like Relationship

    Thx dah mau berkunjung, tujuanku cm ingin share ilmuku yang tidak seberapa ini.
    salam kenal.

  2. kura says:

    tq infonya om….

    Yup, sama2..
    Thx dah berkunjung.

  3. T3603H says:

    kalau folder options+command promp na (CMD) dimakan virus juga gimana hayooohh???
    kbanyakan yg bikin virus kaya nya salah satu/banyak misinya untuk menyerang/men (disable) bagian2 itu.
    Mohon pencerahana!

    Trims….

    mengembalikan folder options :
    sebelumnya bersihkan komputer dr virus dengan antivirus, kemudian
    lewat Registry Editor (regedit), Kemudian carilah key berikut : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer , Klik kanan pada NoFolderOptions dan pilih Modify kemudian ganti value data 1 menjadi 0.

    mengembalikan CMD :
    lewat regedit, copy paste kode berikut : REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Pol icies\Explorer /v NoFind /t
    REG_DWORD /d 0 /f

    sebenarnya saya malu menjawab ini, karena pertanyaan tersebut datang dari “Master Virus”, tapi saya yakin bahwa beliau mengetahui bahwa masalah ini adalah masalah yang banyak terjadi, dan penjelasan ini mudah-mudahan bisa membantu banyak orang yang membutuhkan, dan kalaupun kurang tepat mohon pembenarannya,

    perkenalkan ! Mas Teguh Prasetyo: beliau adalah seorang Master di bidang IT, silakan kunjungi web beliau. t603h.com

    akhir kata terima kasih Master atas masukannya !

  4. Teerima kasih atas semua penjelasannya

  5. T3G03H says:

    gimana kalo Registry Editor (regedit) di disable juga???!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: