Tentang Wonosobo

tugu-alun2

Apabila anda datang ke kabupaten wonosobo maka kesan pertama yang akan anda peroleh setelah mengamatinya adalah bahwa Wonosobo adalah sebuah daerah dengan kondisi fisik yang berbukit dengan lembah yang curam, sungai berbatu mengalir dengan air yang jernih, bergunung-gunung dengan panorama yang indah, beriklim sejuk dan masih hijau, sangat cocok untuk memenuhi kerinduan akan suasana yang tenang dan alami.

Daerah dataran tinggi dengan ketinggian 772 meter diatas permukaan air laut dan berada di lereng 4 gunung yaitu Sindoro, Sumbing, Bismo dan Gunung Perahu, dan juga di lereng pegunungan Telomoyo, Tampomas, serta Songgoriti, dengan suhu udara rata-rata 22 – 30 derajat celcius pada siang hari, dan antara 15 – 20 derajat celcius pada malam hari, sebuah kondisi udara yang bagi sebagian besar orang di Indonesia terbilang dingin.

Nama Wonosobo secara etimologis berasal dari 2 kata bahasa Jawa : “Wono” dan “Sobo”. Kata wono berarti hutan atau dapat juga berarti sebuah kawasan di gunung, dan kata sobo berarti mengunjungi, maka nama Wonosobo bisa berarti sebuah kawasan pegunungan yang menarik orang datang berkunjung.

Mengapa Wonosobo berhasil memikat banyak pengunjung datang berbondong-bondong mengunjunginya, salah satu daya tarik atau daya pikat yang terungkap dan tercermin dalam kesan para wisatawan mancanegara dan nusantara yang telah mengunjungi Wonosobo, mengatakan bahwa kota Wonosobo memang bersih, tenang, beriklim pegunungan yang sejuk, sehingga cocok untuk sejenak menikmati kebersahajaan hidup tanpa himpitan pekerjaan dan kesibukan yang menguras tenaga yang bisa membuat orang menjadi stres, Ya, berekreasilah dan bercengkerama dengan alam pegunungan.

gunung-sindoro

Pernyataan itu rasanya benar, dengan suhu udara rata-rata 22 dan 30 derajat Celcius pada siang hari, dan antara 15 dan 20 derajat pada malam hari, suhu udara demikian bagi kebanyakan orang indonesia sudah terbilang cukup dingin, sungguh menawarkan suasana sejuk dan nyaman di hati, Anda ingin mencoba merasakan bagaimana dinginnya udara pegunungan ?, datanglah ke Wonosobo dan nikmatilah !.

12 Responses to Tentang Wonosobo

  1. akbarindonesia says:

    wah suhunya sejuk banget pastine…
    ga kayak surabaya, suhu udara ga jauh beda sama mekkah…
    kecuali klo lagi ujan tentunya,

  2. ervincible says:

    wonosobo, the greatest place, i knew
    (maklum, nggak pernah kemana-mana!!!!)

  3. devi says:

    wonosobo emang kota yang asri. cocok untuk berlibur mencari ketenangan. kapan ya saya kesana lagi… kangen nih ama klisman

    Iya Mbak mainlah ke Wonosobo.., wah pernah ke klesman ya mbak? itu kampungku tercinta.

  4. Karso says:

    Kulo uwong wonosobo

  5. Karso says:

    Pancen resik udarane

  6. hidane says:

    he’em pokoknya maknyus dah apa lagi di dieng bwt loe yg mau nginep sana gw saranin siapin bju hangat ajah

  7. soegito says:

    setiap lebaran sekeluarga ke yogya, lewat wonosobo, makan bakso yg gedenya sekepel tanagn manusia di pasar wonosobo, enak tenannnnn, tidak lupa juga oleh-oleh jamurkeringnya, guriiih.

  8. am says:

    i love wonosobo, plat AA-F. .

  9. dhey guzt says:

    wonosobo Q tercinta
    takkan lekang waktu

  10. rainajeng prastika says:

    budaya yg tak terlupakan
    jangan biarakan wonosobo rusak
    lestarikan dan terys jaga keindahan nya
    hunting foto penggemar wonosobo

  11. Rainajeng Prastika says:

    ……… Listen to Me ….
    Suara Republik
    KOTA ZOBO suhunya emang COOL, GaG heran Cowo nya pada COOL
    ZOBO tempatnya emang STRATEGIZ, Gag heran Cewe nya pada MANIZ
    Bukannya sombong ZOBO menjadi benteng anak” ganteng
    ZOBO kota UNIK tempatnya cewe2 CANTIK
    ZOBO emang klassik, Gag heran anaknya ASIK

    WONOSOBO IS THE BEST +_+ Free Love To WONOZOBO CITY ….

    Liburan asyiiik bersama temn dan sodara di wonosobo tercinta
    Jaya slalu 4 wonosobo dan rakyat nya….

  12. Kini Alun-alun Wonosobo udah semakin menarik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: